Kamis, 19 April 2012

Impian Tejo


Suatu hari, Tejo menginginkan menjadi seorang Pilot, di hari yang lain dia ingn menjadi dokter. Ketika kecil, dia bertanya-tanya, aku besok besar jadi apa ya?
Hal itu juga sering ditanyakan orang dewasa yang ada disekitar Tejo. Kebetulan, pama Tejo ada yang jadi Pilot dan Dokter. Dia kemudian bergegas menuju rmah pamannya yang seorang Pilot.
Sesampai dirumah pamannya, Tejo bertanya, "Paman, enak gak sih jadi Pilot?
Pamannya tersenyum, kemudian pamannya menjawab, "Enak, kita bisa melihat ke angkasa luas, melihat ciptaan Tuhan dan memahami maksud dari ciptaan ini".
"Oh...", seloroh Tejo.
"Paman, enakan mana jadi pilot sama jadi dokter?", lanjut Tejo
"Kalau paman sih, enakan jadi pilot Jo", jawab paman Tejo yang seorang Pilot.
Di hari yang lain, Tejo berkunjung ke tempat pamannya yang sorang dokter, disana dia juga menanyakan hal yang sama. Tetapi jawaban saat Tejo bertanya enakan mana antara jadi pilot dan dokter berbeda.
Dengan Bijak sang paman yang sorang dokter menjawab bahwa semua itu enak, asal dilakukan dengan rasa cinta pada pekerjaannya. Kemudian pamannya yang dokter itu memberikan cara Tejo bisa meraih impiannya, jadi apapun itu.
"Jo, jika kamu punya impian, pastinya akan ada penghalang pada impianmu itu. Kalau ada penghalang untuk mengubah impian kamu menjadi kenyataan, maka sekarang tentunya kamu juga harus memiliki modal yang akan membuat kamu mampu mengubah impian-impian kamu menjadi kenyataan kan?", tanya sangf paman.

"Ini tipsnya JO:.

1. Kebijaksanaan (wisdom)
Kebijaksanaan kamu sangat diperlukan terutama saat kamu harus mengambil pilihan dan keputusan sekalipun disaat-saat yang sulit. Kebijaksanaan akan mendorong kamu untuk tetap bersikap tenang yang akan membuat kamu mampu mengambil keputusan yang tepat.

2. Semangat juang (fighting)
Kesungguhan untuk melakukan sesuatu, untuk menyelesaikan sesuatu, untuk mencapai sesuatu timbul karena adanya semangat juang yang besar dalam diri kamu. Tumbuhkan semangat juang kamu dengan memelihara pemikiran yang selalu optimis dalam menghadapi sesuatu.

3. Kesejahteraan (kemapanan financial)
Kesejahteraan bukan berarti kamu harus kaya dan memiliki segalanya. Kesejahteraan adalah kamu bisa mendapatkan apa yang kamu BUTUHKAN bukan apa yang kamu INGINKAN. Contoh ringan, bagaimana kamu akan mampu bekerja dengan baik bila kamu dalam keadaan sakit ???

4. Kecerdasan (smart)
Kenapa harus cerdas ???, kita semua adalah manusia yang dianugerahi kecerdasan oleh Tuhan. Dengan kecerdasan itu kita harus mampu menyelesaikan sesuatu dengan cara yang tepat.

5. Spirit dan Religiusitas.
Kelebihan kita sebagai bangsa timur adalah karena kita masih kental dengan agama dan adat istiadat. Religiusitas akan membuat kita sadar bahwa sebesar apapun masalah yang kita hadapi, masih ada kekuatan yang MAHA DASYAT yang akan menuntun anda dalam gelap, yang akan menunjukkan jalan kepada anda bila kamu tersesat dan akan memberikan kekuatan kepada kamu bila anda lemah. Maka JANGAN PERNAH menjauh dari-NYA.
Begitu Jo.... ponakan paman yang baik...!", lanjut sang paman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat Prapti pergi

Suatu ketika, Galuh mengajak Prapti menemui Tejo di sebuah rumah makan, di sekitar tempat wisata alam. Mereka akhirnya memutuskan untuk m...