Sabtu, 10 Juni 2017

WHO IS HIM? SATRIO PININGIT (1)

Dalam Mitos orang-orang Jawa, sangatlah populer apa yang disebut dengan Satrio Pingit.
Sebenarnya apa dan siapa satrio piningit itu?
Satrio Piningit muncul dari sebuah ramalan sRaja Joyoboyo dalam serat Kalatida.
Pertanyaannya muncul dari dua kata dalam konsep itu. Satrio dan Piningit. 
Melihat dari bahasa Satrio, maka kita dapat menyimpulkan bahwa dia adalah seorang laki-laki. Bisa berasal dari rakyat jelata atau dari pejabat. Satrio kalau dalam tradisi Jawa kuno, berarti seorang trah Kerajaan, yang mempunyai darah biru dan masih berhubungan dengan kekuasaan.
Piningit, mengandung arti yang tersembunyi. Tersembunyi disini mempunyai banyak pengertian,
Pertama, tersembunyi bisa diartikan bahwa dia belum nampak dimuka umum, atau bisa diartikan bahwa orang itu tidak mempunyai pengaruh pada masyarakat, atau bisa diartikan dia bukan siapa-siapa.
Kedua, tersembunyi bisa diartikan sebagai seseorang yang disembunyikan kepada publik, karena proses pendewasaan. Jika ini yang dimaksud dengan piningit, maka dia adalah orang yang benar-benar dalam pengawasan dan penggodhokan demi tercapainya tujuan pembelajaran sebagai seorang pemimpin. Pertanyaan yang muncul, siapa yang menggodhok dan untuk apa?
Ketiga, tersembunyi itu apakah dalam sebuah hukuman penjara? Jika iya, maka orang itu sedang menentang sebuah kebijakan pejabat saat itu, dimana dia disebut sebagai "Makar", atau "Teroris". Pertanyaan yang muncul, apakah dia orang baik atau benar-benar orang yang tidak baik.
Jika menilik dari ramalan Joyoboyo, inilah bait-bait terakhir yang berkaitan dengan ciri-ciri, watak, sifat dan karakter satrio piningit.
kaya dene manungsa 
wasis, wegig, waskita 
wus tan abapa, tan bibi, lola 
nglurug tanpa bala 
nganggo simbol ratu tanpa makutha 
tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa 
sirik den wenehi 
ngerti sakdurunge winarah 
dudu pandhita sinebut pandhita 
dudu dewa sinebut dewa 
senenge anggodha anjejaluk cara nistha 
sing tengah sirik gawe kapitunaning liyan 
sing pinggir-pinggir tolak colong njupuk winanda

Jika melihat dari baris ini, maka dia adalah seorang papa, atau seorang yang tidak punya apa-apa, dan juga bukan siapa-siapa, tetapi mempunyai kemampuan intelektual yang sangat tinggi.
Bahkan dia bisa memprediksi kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang.
Siapakah dia?
Apakah dia ada?

(Bersambung...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saat Prapti pergi

Suatu ketika, Galuh mengajak Prapti menemui Tejo di sebuah rumah makan, di sekitar tempat wisata alam. Mereka akhirnya memutuskan untuk m...