Pak Tedjo memperhatikan
dan mendengarkan suara merdu yang tidak asing di telinganya dalam kamarnya.
Menggambarkan sebuah cerita wayang dengan formula humor serius. Yaa… itu suara Panjul
yang sedang melakonkan sebuah kisah. Digenggamannya terdapat tiga tokoh wayang
kulit. Satu berbentuk raksasa di tangan kiri dan dua berbentuk Punokawan yaitu
Semar dan Bagong.
” Jagad...
Dewo Bathoro jagad.... Heeehh...!!! Kowe manungso elek-elek rupamu...
pendek-pendek bentukmu. Opo arep golek patimu kowe teko mrene? Hheeehh....“
kata raksasa kepada kedua punokawan Semar dan Bagong itu.
„Eeehh...... mbegegeg ugeg ugeg sadulito...... kowe masio to dadi rasekso sak gunung gedhemu, aku ora bakal lali marang suaramu. Muliho le tole anakku lanang.“ Kata Semar sembari mengingatkan kepada sang raksasa.
„Heehh...!!
wong tuwek elek. Ojo kowe ngaran arani marang aku. Banjur ngaku ngaku yen aku
anakmu. Ngertio kowe hheehh.... wong cebol koyo cendol. Aku iki rojo rajane
poro dewo ono kene iki. Kabeh poro Dewo tunduk marang aku. Eee.. lha kok kowe
malah wani karo aku.“
„Kakang
Petruk... masio to elek elek ngene......, tuwek tuwek ngene....., cebol cebol
ngene iki ora liyo maneh yo Bapakmu.“ Bagong berusaha ikutan mengingatkan
kakaknya si Petruk.
“Ojo
melu-melu kowe bocah cilik ora ngerti cilice….!! Tuwek ora ngerti tuweke….!!
Ngertio kowe. Ora ono wong sing paling kuoso neng kene, kejobo yo mung aku
iki.”
“Sampeyan
kuosone opo wae to kakang Petruk…….??” Bagong merespon statemennya Petruk.
“Pitakonanmu
ojo mbok terusake….!! Bocah cilik…!! Kowe ora bakal nyandak opo sing dadi
kuasaku ono ning Kahayangan ini….!”
“Sampean
kuoso iku opo sampean neng Kahayangan iki dadi Pemimpin to kakang Petruk…..?”
“Petrak….!
Petruk…! Petrak…! Petruk…! Iki ngono rojo rajaning rojo…!! Sing mimpin kabeh
poro rojo kang arane Raden Satriyo Prabu Pethuk…!! Panguoso sing nguasani jagad
sak isine iki, ngertio kowe. Heee….. bocah cebol…!”
“Halah
keliru setitik wae rak ora opo-opo. Petruk dadi Pethuk….!! Opo kowe ora mesakke
Kanjeng Romo to Kang Pethuk? Adoh-adoh soko ndunyo nganti nang Kahayangan ini
yo mung nggoleki anake lanang sampeyan itu.”
“Eeh.. heh…
hehh… mbegegeg ugeg ugeg, sing becik bakal ketitik, sing olo bakal ketoro
tolee… anaku Petruk. Yen kowe pancen ora ngakoni aku iki bapakmu. Iki tampanono
hadiahku iki…….”!
Sontoloyo…..!!
Panjul gak ngerti kalau sejak awal pak Tedjo mengikuti jalan ceritanya dari
belakang. Tedjo duduk persis di belakang punggung Panjul. Sehingga setiap
gerakan dan dialog antara ketiga ponokawan itu saya tahu dimana letak
kesalahannya. Namun begitu Tedjo berusaha diam, dia lihat sejauh mana Panjul dalam
merefleksikan sebuah lakon wayang. Dan diluar dugaan Tedjo tahu-tahu…… “
pruuuutttt……….”
“Duh…!
Gombal amoh kamu ini Njul….!! Gak ngomong-omong lha kok kamu ngowos…….”
“Nggih
ngapunten Juragan. Saya bener tidak tahu kalau Juragan mirsani kulo ndalang.
Soale lakone niku lho Gan yang membuat ceritanya harus begitu.”
“Iyo tapi
ambune kuwi lho Njul…..?”
“Mboten
mambu kok Juragan….!! Ini kan hanya cerita….!”
“Ora mambu
piye to Njul….?!! Bojomu melu kipas-kipas hidungnya itu….!”
“Saestu gan,
kulo mboten ngowos kok. Yang tadi suara mulut saya karena Semar harus menghukum
Petruk dengan senjata pamungkasnya to Gan….!”
“Iyo Kang
sampean ngentut gitu lho…..” Jiyem menimpali pembicaraan karena memang mencium
bahu busuk.
“Ora kok
Yem…!! Itu tadi lambeku…, lambeku….., yang bunyi…”
“Tapi kang
kenyataannya saya bau sekali kok…., paling-paling Kang Panjul gak terasa ya.
Sebab saking asyiknya ndalang.”
“Yakin...
golagokin… aku ini nggak ngowos Yem….!! Tadi lambeku aja…..”
“Ya itu Yem
yang namanya dalang sembunyi di balik wayang..” saya potong pembicaraan Jiyem
yang tidak ada jluntrungnya itu.
“Maksude
niku nopo to Gan…?” Jiyem balik Tanya ke Pak Tedjo.
“Contohnya
orang licik ya bojomu itu Yem. Jelas-jelas dhalange salah tapi malah nyalahkan
wayange. Iku ngono arti sanepo.”
“Halaahh….
Saya malah tidak tahu apa itu sanepo Gan. Yang jelasnya aja niku nopo Gan?”
“Kamu itu
Yem, ngerti apa? Dijelaskan kayak apapun kamu tetep gak nyandak. Isomu itu Cuma
masak, cuci-cuci, seterika, nyapu.” Panjul ikutan ngimbangi pembicaraan.
“Gak boleh
gitu Njul kamu nang bojo. Semua orang pada prinsipnya berhak memperoleh
pengetahuan dari apa yang belum diketahui. Lek mbok putus kayak gitu itu Njul,
namanya kamu meremehkan kemampuan orang lain.”
“Nyatane
emake Bento itu ya tetep aja kerjanya seperti itu to Gan…? Gak pernah naik
pangkat.”
“Pangkat itu
bukan ukuran Njul kalau kerja ditempat saya ini. Yang penting cekatan, cepat,
trampil dan trengginas, itu metodologi kerja saya Njul.”
“Lek gitu
Gan, apa gunanya berjuang cari utangan kesana kemari biar bisa naik pangkat.
Tapi ternyata gak dapat jabatan juga, walau pangkate tinggi.”
“Sekarang
saya tanya kamu Njul. Kamu kerja itu cari pangkat atau cari uang?”
“Kalau saya
ya… pertama cari uang, keduanya cari pangkat to Gan.”
“Kenapa kok
cari uang?”
“Ya untuk
makan keluarga saya Gan.”
“Kenapa kamu
cari pangkat?”
“Lha kalau
pangkatnya naik kan gajinya juga ikut naik!”
“Pangkatmu
naik. Gajimu juga naik. Tapi kebencian orang terhadapmu juga ikut naik. Apa
kamu tetap nyaman kerja?”
“Lha nggih
kersane to Gan. Orang benci. Iri. Itu lumrah adanya. Apalagi lihat orang yang
berprestasi terus ngrasani, membenci itu umum to Gan. Biarin aja. Wong yang
berjuang keras saya sendiri. Yang nanggung resikonya juga saya sendiri.”
“Itu namanya
egosentris Njul kamu itu.”
“Coba to
Juragan penggalih. Sekolah, sekolah sendiri. Bayar, bayar sendiri. Ujian, ujian
sendiri. Mikir, mikir sendiri. Jadi pemimpin juga usahanya sendiri. Apa itu
sikap egois?”
“Lek egois
iku ora Njul. Tapi iku jenenge Pethok! Iku lek dadi pemimpin yo mesti wae koyok
Pethok dadi ratu seperti sing mbok lakonke tadi Njul…..”
“Berarti kan
yo leres to Gan lakone itu tadi. Kenapa Petruk bisa jadi begitu, ya karena
perjuangannya sendiri.
“Tapi kamu
tahu apa tidak bagaimana akhir ceritanya Petruk dadi ratu itu….?”
“Lha nggih
niku. Pokokke selama Petruk jadi ratu di khayangan itu. Semua dewa tidak ada
yang berani menantang kesaktiannya Petruk. Siapa yang menentang pasti
dimutasi….”
“Ha… ha… ha…
kowe ngerti mutasi barang to Njul…?! Dewa itu yang menentukan kehidupan lha kok
malah dimutasi karo Petruk.”
“Nggih
karena kesaktiannya Petruk itu tadi Gan. Yang akhirnya title jabatannya adalah
Raden Satriyo Prabu Pethok… Thok… Thok…”
“Duh gusti
nyuwun ngapuro”, gumam Panjul. Baru kali ini Tedjo lihat Panjul mampu
berargumentasi tentang perjuangan individu. Dalam tataran hidup ini antara
intelektual dengan hubungan sosial harus matching. Kalau tidak ya efeknya
seperti Pethok dadi ratu itu kata Panjul. Yaahh, Tedjopun maklum kalau Panjul bersikukuh
denga kata-katanya yang amat devensif itu. Karena memang keterbatasan informasi
yang dimiliki Panjul.
“Ooo alah Njul…
Njul…!! Pertanyaanku tadi itu bagaimana hasil akhir dari ceritane Pethuk itu
tadi Njul…..? apakah Pethok semakin berjaya menjadi Pemimpin Kahayangan yang
memimpin para Dewa itu Njul…..?”
“Nggih
jelasnya kepemimpinan Pethuk ten Kahayangan itu semakin moncer saja. Hingga
mampu memutasi banyak Dewa dari tempatnya semula.”
“Setelah
para Dewa menempati pos barunya masing-masing, bagaimana seterusnya?”
“Ada salah
satu Dewa itu yang tidak puas lantas menghimpun kekuatan baru untuk
menggulingkan kedudukan Pethok itu.”
“Apa
kemudian Pethok terguling?”
“Nyatane
mboten ….!! Soale Petruk niku orangnya sangat sakti. Bapakke aja kalah sakti
kok Gan…. Tapi akhire kahayangan morat marit. Bumi jadi banyak bencana.
Kejahatan dimana-mana.”
“Kalau
begitu Pethok kan bikin bencana kehidupan Njul……!! Trus siapa yang mampu
menghentikannya…? Pethuk sendiri apa bukan Njul…?”
“Berhubung
Pethok tidak bisa menghentikan prahara di dunia, akhirnya Bathoro Narodo minta
tolong Semar untuk mengamankan dunia ini Gan.”
“Kenapa kok
Semar yang diminta Njul….?”
“Nggih soale
Semar itu adalah Dewanya para Dewa yang asli. Tapi hidupnya mengembara dan
menyaru jadi masyarakat paling miskin. Sehingga Semar banyak dicintai oleh
banyak manusia.”
“Karena
dicintai banyak manusia itu to Njul…? Akhirnya semar yang diminta
menyelesaikannya.”
“Nggih… tapi
Semar pinter. Bisa mencari sisik melik penyebab terjadinya prahara itu. Maka
ketemulah sumber bencananya itu karena kebijakan sang Pethok itu tadi. Makanya
terus Semar mengajak Bagong naik ke Kahayangan Salendro Bawono dimana Prabu
Pethok bercokol.”
“Sekarang
kenapa yang diajak kok Bagong…? Bukan Gareng…?”
“Bagong itu
kan anak kesayangane Semar to Gan. Makanya kalau punya anak kesayangan itu
pindah kemana saja anaknya itu ya mesti dibawa.”
“Opo Semar
berhasil membujuk Pethok itu tadi Njul….?”
“Sak jane
mboten berhasil. Tapi Semar niku ngerti ten pengapesane Prabu Pethok itu tadi.
Kemudian Pethok di entuti sama Semar. Badar…. Akhirnya Buto galak yang bertitel
Prabu Pethok itu tadi kembali jadi Petruk lagi.”
“Lho Njul…!!
Katanya kesaktiannya Petruk itu ngalah ngalahi bapaknya. Kan berarti semar
kalah sakti dengan Petruk….?”
“Sakjane
enggih….! Tapi berhubung membo-membo jadi Prabu Pethok itu tadi, maka dapat
dikalahkan oleh Semar. Lha kalau masih jadi Petruk pasti tetep sakti.”
“Sik Njul….
Perutku sakit Njul…. Aku tak nang mburi yo…..!!”
“Duh…!
Juragan piyambak yang ternyata jadi Semar. Nggih kados niku wau senjatane
semar…..”
“Lek iku mau
jenenge semar mendem Njul…..”
“Ha… ha… ha…
enggiiihhh…….!!!”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar